Prosedur Ekspor Barang ke Belanda

Prosedur Ekspor Barang ke Belanda

Prosedur Ekspor Barang ke Belanda

Ekspor barang merupakan salah satu kegiatan perdagangan yang mana di sini memungkinkan seseorang untuk melakukan trading lintas negara. Saat ini pemerintah Indonesia berupaya untuk semakin meningkatkan devisa dengan cara menggenjot arus ekspor barang – barang dari Indonesia. 

Prosedur untuk ekspor itu sendiri sebenarnya mudah jika dibanding dengan kegiatan prosedur impor. Alasannya yaitu karena memang saat ini lebih banyak aturan yang mana mengatur barang – barang impor dibanding ekspor, terutama untuk permasalahan pajak. Maka dari itu, bagi Anda yang ingin ekspor barang ke Belanda berikut ini adalah prosedur yang perlu Anda ketahui.

Apa Saja Prosedur Ekspor Barang ke Belanda ?

 

Dimulai ketika eksportir menyiapkan paket yang nantinya akan diekspor dengan cara melakukan packaging serta stuffing ke bagian kontainer hingga nantinya barang siap untuk dikirim. 

Setelah nantinya barang tersebut sudah di siapkan, maka eksportir bisa melakukan pengajuan dokumen yang dikenal juga dengan sebutan PEB. Sedangkan PEB itu sendiri merupakan singkatan dari pemberitahuan barang ekspor yang mana di dalamnya termuat dengan data – data antara lain yaitu :

  1. Data penerimaan barang
  2. Data eksportir
  3. Data Customs Broker
  4. Negara tujuan
  5. Sarana pengangkut
  6. Detail barang, seperti contohnya jenis dan jumlah dari barang yang hendak dikirim, nomor kontainer yang digunakan serta dokumen yang menyertai.
  7. Setelah PEB tersebut diajukan ke kantor bea cukai, maka nantinya akan diberikan persetujuan ekspor, serta barang yang sudah di siapkan dapat dikirim dan juga selanjutnya bisa dimuat engan menggunakan sarana pengangkut menuju ke Belanda.
  8. Tiap – tiap dokumen PEB di sini diwajibkan untuk melakukan pembayaran pendapatan negara bukan pajak yang bisa Anda bayarkan melalui kantor bea cukai setempat ataupun melalui bank. Sementara untuk besaran dari pajak ekspor itu sendiri tiap barang tentunya berbeda – beda, dan hal tersebut ditentukan dengan putusan dari menteri keuangan.

Itulah prosedur – prosedur ekspor barang ke belanda. Bagi Anda yang ingin kirim barang atau paket ke Negara belanda, penting untuk mengetahui prosedur tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *