Kegiatan Pada Saat Inspeksi Mobil Bekas Manual dan Matic

Kegiatan Pada Saat Inspeksi Mobil Bekas Manual dan Matic

Banyak sekali hal yang perlu dipertimbangkan ketika Anda hendak membeli mobil bekas, salah satunya adalah inspeksi mobil bekas. Berbagai macam kegiatan tersebut dilakukan oleh jasa inspeksi mobil bekas yang ahli di bidang tersebut dan dipastikan mereka adalah tenaga yang profesional dan berpengalaman. 

Berikut adalah beberapa kegiatan inpeksi mobil bekas manual dan matic yang perlu Anda ketahui, antara lain yaitu :

Apa Saja Kegiatan Inspeksi Mobil Bekas Manual dan Matic ?

  • Mengecek Transmisi Mobil 

Transmisi manual dan matic biasanya digunakan pada mobil, apabila mobil manual umumnya mempunyai enam jenis gigi percepatan. Pada mobil manual ini juga diperlukan kopling ketika hendak mengoper gigi, dimana transmisi enam jenis gigi ini terdapat dua yakni lima untuk melaju ke depan dan satu berjalan ke belakang. 

Tentunya transmisi ini berbeda dengan matic yang mempunyai sistem simpel dan gigi sedikit, baik semi otomatis dan otomatis yang mempunyai perbedaan tertentu. Ketika inspeksi mobil bekas, tentunya kegiatan mengecek tranmisi mobil ini sangat perlu dilakukan untuk mengetahui fungsi tidaknya tranmisi. 

Ketika tranmisi tersebut berfungsi, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Ini adalah salah satu alasan mengapa sangat penting untuk mengecek tranmisi mobil dengan menggunakan jasa inspeksi mobil yang profesional dan terpercaya. Biasanya tranmisi semi matic ini ditemukan pada mobil mewah yang digunakan untuk perpindahan gigi. 

  • Pengoperasian dan Kenyamanan

Kegiatan selanjutnya yang perlu Anda ketahui yaitu, ketika melakukan inspeksi mobil bekas adalah memeriksa pengoperasian dan kenyamanan mobil. Baik mobil bekas manual atau mobil bekas matic diperlukan untuk pemeriksaan hal ini. Tujuannya yaitu untuk mempertimbangkan keputusan yang harus diambil ke depannya dan menghindari kerugian. 

Inspeksi mobil terbaik biasanya mengecek kopling, yang mana pengoperan gigi persneling dan penginjakan pedal gas untuk menjalankannya. Oleh karena itu, dibutuhkan profesionalisme yang tinggi dengan tujuan agar mobil yang Anda beli tidak rusak secara tiba – tiba. Sementara untuk kenyamanan antara mobil matic dan mobil manual ditentukan dari kondisi Anda. 

  • Mengecek Konsumsi Bahan Bakar

Kegiatan mengecek konsumsi bahan bakar memang sangat penting dilakukan karena banyak orang beranggapan bahwa mobil yang tidak rutin diservis maka konsumsi bahan bakarnya dikhawatirkan. 

Hal ini membuktikan mengapa Anda memerlukan jasa inspeksi mobil profesional dan terpercaya untuk inspeksi. Namun jika dilihat dari kacamata fakta maka mobil bergigi manual memang cenderung lebih hemat jika Anda membandingkannya dengan yang transmisi matic. 

Sebabnya adalah perputaran tranmisi otomatis yang jauh lebih berat yingga membuat mesin bekerja ekstra dan membutuhkan bahan bakar ekstra. 

  • Mengecek Rem pada Mobil

Jasa inspeksi mobil bekas juga melakukan kegiatan pengecekan pada pengereman mobil. Jika pengereman tersebut nyaman digunakan, maka akan tidak ada masalah. Namun yang menjadi masalah jika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi. 

Salah satunya adalah rem blong yang biasa menyebabkan kecelakaan yang tak terduga. Inspeksi mobil dilakukan dengan memeriksa ada tidaknya engine break, persneling dan tes drive ketika mobil berada di turunan. 

Perlu diketahui juga bahwa perlambatan mobil matic jauh lebih lancar dan berimbas pada penggunaan rem yang membuat kampas menjadi cepat aus. 

Seorang jasa inspeksi mobil bekas juga mengedepankan sistem mekanikal, komponen dan perawatan yang biasanya dilakukan oleh pemilik sebelumnya. Sehingga mobil yang Anda beli tidak sia – sia dan sangat nyaman ketika digunakan. Selain aman dan tidak merugikan, inspeksi mobil juga solusi yang sangat tepat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *