Fungsi Air Radiator Mobil Untuk Mobil Lebih Awet

Fungsi Air Radiator Mobil Untuk Mobil Lebih Awet

Radiator kendaraan bekerja sebagai komponen sistem pendingin mesin kendaraan. Sistem pendingin memiliki fungsi sebagai penstabil suhu mesin mobil yang terbakar untuk mencegah panas berlebih. Radiator sendiri merupakan komponen utama yang berperan penting dalam keawetan mesin mobil. Air radiator mobil akan bekerja dalam menyerap panas dari mesin untuk menstabilkan suhunya.

Fungsi Radiator Mobil 

Mesin mobil memiliki reaksi pembakaran yang dapat menimbulkan panas di mana suhu panas ini akan terus naik selama kendaraan dinyalakan dan dikendarai. Artinya semakin lama waktu mengemudi maka semakin banyak panas yang dihasilkan mesin. Oleh karena itu, mesin mobil membutuhkan sistem pendingin yang dapat mengontrol suhu agar tidak terlalu panas.

Radiator mobil memindahkan panas dari mesin mobil ke udara. Radiator menarik air, juga disebut pendingin, ke dalam saluran di sekitar mesin mobil. Saat pendingin mengalir, ia menyerap panas dan mengembalikannya ke radiator. Ketika kembali, radiator mendinginkan pendingin lagi dan melepaskan panas ke udara.

Cara Kerja Radiator

Sekarang kita tahu bahwa fungsi radiator adalah sebagai pendingin untuk menjaga suhu kendaraan dimulai dengan mengalirnya air bersuhu netral (pendingin) ke saluran-saluran yang mengelilingi mesin untuk menyerap panas. Selama aliran, air menyerap dan memindahkan panas dan kemudian kembali ke radiator. 

Saat mencapai radiator, cairan pendingin masuk ke tangki atas. Di sini, air mengalir ke inti radiator kemudian membuang panas ke udara. Untuk mempercepat proses pembuangan panas, radiator core dibantu oleh kipas pendingin yang menarik udara, menciptakan aliran antara sirip udara pada inti pendingin. 

Ketika suhu panas benar-benar “ditransfer” ke udara dan air didinginkan kembali, air akan mengalir kembali di sekitar mesin untuk menyerap panas. Jelas bahwa radiator mobil sangat penting dalam sistem pendingin. Tanpa radiator di sistem pendingin, mesin mobil menjadi terlalu panas saat dikendarai, overheat, hingga merusak mesin. 

Untuk air radiator mobil, Anda bisa memilih Master Air Radiator Coolant Premixed Red yang sudah siap pakai tanpa harus perlu dicampur air lagi. Air radiator ini akan menstabilkan suhu mesin mobil dengan baik sehingga dapat membantu mencegah terjadinya kerak dan karat dalam radiator. Anda bisa memperolehnya dengan harga bersahabat di autochem.id.

Deskripsi : air radiator mobil berfungsi untuk menjaga suhu mobil tetap dalam batas wajar dan tidak overheat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *