5 Manfaat Urang Aring untuk Rambut, Salah satunya Menyuburkan Rambut

5 Manfaat Urang Aring untuk Rambut, Salah satunya Menyuburkan Rambut

Bicara soal perawatan rambut, minyak urang aring memang sering digunakan dan lebih populer dibandingkan dengan minyak kemiri. Minyak yang diekstrak dari tanaman False Daisy, atau tanaman bernama ilmiah Eclipta alba ini ternyata mempunyai banyak manfaat. Adapun manfaat urang aring untuk rambut sebagai berikut.

1. Menyuburkan Rambut

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh suatu lembaga pada 2014 menjelaskan, bahwa minyak urang aring bisa menstimulasi pertumbuhan folikel rambut. Dengan begitu, bisa merangsang pertumbuhan pada rambut tikus. Kandungan vitamin E yang tinggi pada minyak urang aring dipercaya efektif untuk menangkal radikal bebas yang bisa menghalangi pertumbuhan rambut.

Di India sendiri, minyak urang aring biasa digunakan untuk metode pengobatan tertua yang ada di dunia, yakni Ayurveda dan lebih dikenal dengan nama minyak Bhringraj. Pada pengobatan Ayurveda ini, minyak urang aring akan menumbuhkan rambut, menguatkan batang rambut, mencegah ketombe, uban dan menyuburkan rambut.

2. Menjadikan Rambut lebih Hitam

Daun dari tanaman False Daisy ini mempunyai pewarna hitam alami, yang biasa digunakan untuk menghitamkan rambut secara alami sudah dari lama. Oleh sebab itu, sangat wajar minyak urang aring terkandung dalam shampo yang difungsikan untuk menjaga warna rambut secara alami.

3. Membuat Rambut lebih Berkilau

Selain menyuburkan rambut, minyak urang aring juga bermanfaat untuk membuat rambut lebih berkilau. Hal ini tidak lain karena kandungan vitamin E yang bisa melembabkan, melembutkan dan membuat rambut tampak lebih sehat. Dengan begitu, batang rambut akan terlihat berkilau.

Untuk caranya sendiri, Anda bisa mencampurkan minyak urang aring dengan minyak kelapa. Baurkan pada rambut, kemudian diamkan beberapa saat. Setelah itu, cuci dan bilas hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin. Sebab, manfaat minyak urang aring tidak bisa didapatkan secara instan.

4. Mengatasi Kerontokan

Kandungan mineral dan protein pada minyak urang aring ternyata juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah rambut yang rontok. Dengan menggunakan minyak urang aring, akan menutrisi akar rambut dengan membuatnya lebih kuat.

5. Mengatasi Ketombe

Hampir sama dengan lidah buaya, minyak urang aring juga mempunyai kandungan anti jamur dan anti mikroba yang bisa mengatasi masalah ketombe. Selain itu, juga terdapat kandungan anti inflamasi yang bisa meredakan masalah psoriasis dan rasa nyeri yang disebabkan oleh iritasi pada kulit kepala yang gatal dan kering.

Itu dia lima manfaat urang aring untuk rambut yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan perawatan rambut menggunakan ekstrak minyak urang aring. Jika Anda tidak mau repot menggunakan minyak urang aring, Anda bisa menggunakan shampo dan kondisioner dari Sunsilk Black Shine, yang mengandung minyak urang aring.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *